Fungsi Kode *#*#4636#*#* Pada Smartphone Android

Dari beberapa kode rahasia yang sering digunakan ternyata terdapat salah satu kode yang memiliki fungsi cukup keren.


Kode tersebut adalah *#*#4636#*#*. Selain berfungsi untuk mengetahui Informasi Perangkat, Statistik Penggunaan dan Informasi WiFi, ternyata kode tersebut juga berfungsi untuk mengakses dan mengaktifkan fitur sinyal radio (radio signal) pada smartphone.

Dengan mengaktifkan fitur sinyal radio ini maka Anda tetap bisa menggunakan smartphone untuk berkomunikasi seperti mengirim chat, browsing dan menonton video secara online meskipun smartphone dalam Mode Pesawat (Airplane Mode), di mana pada saat Mode Pesawat diaktifkan, umumnya fitur Data Seluler pada perangkat smartphone akan nonaktif secara otomatis.

Baca juga : Cara Membobol Username dan Password Mikrotik dengan Android

Disini cara mengunakan fitur dan kode tersebut :


1. Silahkan aktifkan terlebih dahulu Mode Pesawat (Airplane Mode) pada smartphone.



2. Buka Dialpad di smartphone, lalu ketikkan kode *#*#4636#*#*.

3. Selanjutnya akan tersedia menu pengujian yang terdiri dari Informasi Perangkat, Statistik Penggunaan dan Informasi WiFi. Silahkan tekan pilihan Informasi Perangkat.



4. Geser (scroll) tampilan ke bawah, maka Anda akan menemukan tombol untuk mengaktifkan radio. Silahkan tekan tombol Hidupkan radio untuk mengaktifkannya. Saat sinyal radio dihidupkan maka layanan jaringan GSM dan GPRS akan terhubung.



5. Sampai tahap ini maka Anda telah berhasil melakukan pengaturan smartphone agar dapat berkomunikasi dengan Mode Airplane.

Silahkan Anda lakukan browsing, chat atau buka situs video online untuk memastikan bahwa cara tersebut berhasil Anda terapkan pada smartphone.


Cara ini telah di uji pada perangkat smartphone Sony, Samsung dan Asus yang telah mendukung jaringan 4G dengan menggunakan layanan jaringan XL, Indosat dan Telkomsel.

Dari tiga sampel perangkat tersebut, hanya perangkat Samsung yang tidak support dengan kode tersebut. Dari tiga layanan jaringan, hanya XL yang dapat digunakan untuk internetan dalam Mode Airplane. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah referensi baru untuk Anda.


Sumber : tricknesia