Backup Percakapan dan Video Whatsapp di Android



Whatsapp kini telah menjadi salah satu layanan messenger paling populer di dunia dengan jumlah instalasi aplikasi yang kini hampir mencapai 60 juta berdasarkan statistik instalasi di Google Playstore, bersaing dengan messenger lain seperti BBM, Line, Kakao Talk, dan Telegram.

Pengguna whatsapp yang cukup aktif berkirim pesan maupun video, tentu akan memiliki jumlah percakapan / chat yang cukup banyak,, kan jika data percakapan tersebut akhirnya hilang ketika anda harus memindahkan nomor akun whatsapp.

Baca : Cara internetan menggunakan mode pesawat

Agar data chatting / percakapan anda tidak hilang dan tetap aman, maka anda perlu membackup data chat tersebut sebelum memindahkan nomor akun whatsapp yang anda miliki ke ponsel baru anda.

Untuk membackup data percakapan whatsapp caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan disini :

Silahkan buka aplikasi Whatsapp anda.

1. Tap / tekan tombol Dot-Three yang ada pada sudut kanan tampilan, tap Setelan.




2. Selanjutnya tap menu Chatting, lalu tap menu Cadangan chat.




3. Kemudian pada tampilan Cadangan chat anda dapat mengatur pencadangan melalui Setelan Google Drive yang tersedia seperti : Cadangankan ke Google Drive, Pengaturan akun, Metode Pencadangan. Silahkan anda atur sesuai dengan kebutuhan anda.




Untuk mencadangkan video silahkan anda centang kotak Sertakan Video.
Apabila pengaturan telah selesai silahkan tap tombol Cadangkan.

Pastikan akun Gmail (email google) yang di gunakan pada ponsel baru, sama dengan email yang anda gunakan pada ponsel lama, karena untuk mencadangkan data whatsapp memerlukan akun Gmail.





Sumber : 1